5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Persediaan Untuk Manajemen yang Baik

Persediaan merupakan elemen yang sangat penting dalam bisnis. Bagi bisnis ritel dan manufaktur, persediaan ibarat nyawa dari perusahaan karena sangat menentukan jumlah pendapatan dan biaya yang akan berdampak langsung pada laba/rugi usaha.

Selain itu bagi bisnis jasa, persediaan biasanya ada dalam bentuk perlengkapan yang digunakan untuk mendukung perusahaan memberikan jasa kepada pelanggan.

Bicara mengenai persediaan, penting bagi sebuah bisnis untuk menerapkan manajemen persediaan yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi/software. Berikut ini 5 manfaat aplikasi untuk membantu perusahaan dalam melakukan manajemen persediaan.

1. Meringankan Kerja & Meminimalisir Human Error

Aplikasi yang digunakan untuk manajemen persediaan akan membantu kerja manusia dalam banyak hal. Diantaranya adalah, aplikasi membantu kita mencatat dan menyimpan data persediaan.

Jadi, kita tidak perlu lagi capek-capek mengingat-ingat barang apa saja yang dibeli, barang apa yang terjual, yang diberi diskon, dan yang rusak, karena semuanya telah dicatat dan tersimpan dengan rapih dalam aplikasi tersebut.

Apalagi saat ini rata-rata aplikasi sudah menerapkan metode penyimpanan cloud storage dan memiliki beberapa back-up di tempat terpisah sehingga meminimalisir kerugian akibat kehilangan data keuangan penting dalam usaha anda.

Hal ini jelas sangat membantu dibandingkan dengan laporan persediaan barang melalui buku karena bisa saja buku yang kita gunakan untuk mencatat hilang atau rusak dan mengakibatkan kita kehilangan data penting dalam bisnis kita.

Selain itu, aplikasi juga dapat meminimalisir human error yang mungkin terjadi selama proses manajemen persediaan.

Contohnya saja terkait laporan persediaan barang. Aplikasi biasanya memiliki required field yang harus diisi untuk meminimalisir kealpaan manusia.

Field ini biasanya mengandung informasi penting yang harus dicatat seperti tanggal, jenis barang, dan harga barang. Jika required field tersebut belum diisi, maka transaksi tidak dapat di-save.

2. Memantau Pergerakan Persediaan

Aplikasi biasanya memberikan mobilitas yang tinggi bagi penggunanya. Anda sekarang tak perlu lagi menelepon karyawan anda atau meminta karyawan anda mengirimkan email mengenai informasi persediaan bisnis anda.

Sebaliknya, anda dapat terus memantau pergerakan persediaan secara real-time meski anda sedang berada di tempat yang jauh.

3. Membantu Rekonsiliasi Stok Persediaan

Data persediaan yang sudah anda catat tentunya dapat dijadikan pembanding jika disuatu waktu anda ingin melakukan rekonsiliasi stok persediaan/stok opname. Hal ini dapat memudahkan dan mempercepat proses rekonsiliasi stok persediaan

4. Mencegah Kekurangan & Kelebihan Persediaan

Kuantitas persediaan yang tersimpan dalam stok/gudang kita tidak boleh terlalu banyak/sedikit. Dengan kata lain jumlahnya harus pas agar tidak terlalu memenuhi gudang, disisi lain jumlahnya juga harus tetap mencukupi untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Pertanyaannya, bagaimana cara kita mengetahui jumlah persediaan yang pas bagi usaha kita? Jawabannya terletak pada hasil laporan persediaan barang yang telah anda lakukan selama beberapa waktu.

Ya, laporan persediaan barang yang telah anda lakukan beberapa minggu, bulan, atau bahkan tahun akan menggambarkan pola-pola mengenai persediaan itu sendiri.

Anda bisa mempelajari mana persediaan yang cepat habis (fast moving), mana yang memberikan keuntungan/margin terbesar, dan pola-pola persediaan lainnya.

Berdasarkan pola-pola tersebut, anda dapat menentukan berapa jumlah safety stock untuk masing-masing persediaan, kapan saat yang tepat untuk membeli persediaan, dan berapa kuantitas barang dalam sekali pembelian.

Hal ini tentunya dapat mengatasi permasalahan kuantitas persediaan sehingga anda bisa memiliki jumlah persediaan yang pas. Selain itu, anda juga dapat menghemat biaya yang anda keluarkan untuk pembelian persediaan.

5. Menghasilkan Laporan Untuk Stakeholder

Satu hal lagi yang tak boleh luput adalah, aplikasi membantu anda menyediakan laporan persediaan barang yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan stakeholder (pemangku kepentingan).

Biasanya aplikasi hanya menuntut anda untuk secara disiplin mencatat segala transaksi yang berkaitan dengan persediaan. Selanjutnya, aplikasi akan membantu mengolah catatan tersebut menjadi sebuah laporan yang berisi informasi ringkas mengenai arus persediaan dan saldo persediaan anda terkini.

Mengelola Laporan persediaan barang Lebih Simple dengan Software Akuntansi Online

1. Perencanaan Usaha

Ketika pebisnis menyimpan catatan persediaan yang akurat, artinya mereka memiliki data yang memberitahu apakah permintaan klien atau proyek-proyek tertentu dapat dipenuhi dengan persediaan di tangan. Ini akan membantu pemilik bisnis dalam merencanakan dan menyusun strategi. Hal ini juga penting untuk mengembangkan dan mempertahankan hubungan dengan investor, yang ingin melihat bahwa pebisnis memiliki perencanaan tertata dalam operasi perusahaan.

2. Pelayanan Pelanggan

Catatan persediaan yang baik adalah ketika pelanggan menanyakan ketersediaan produk dan pemilik dapat menemukan jawabannya dengan cepat. Tingkat responsif yang cepat akan memberikan kesan baik untuk bisnisnya. Jika pelanggan harus menunggu tanggapan tentang ketersediaan produk, mereka dapat membatalkan pesanan dan pergi ke tempat lain. Sangat disayangkan, bukan?

3. Kontrol Keuangan

Kegagalan untuk memelihara catatan persediaan yang akurat terkadang berarti perusahaan tidak dapat mengirim barang sampai dekat dengan tenggat waktu dan sesuai kebutuhan. Biaya ekstra pun harus dikeluarkan untuk memenuhi transaksi ini. Bukanlah masalah apabila ini terjadi pada satu, dua, atau beberapa pelanggan. Tetapi untuk transaksi yang lebih besar, kerugian besar menanti!

4. Lebih Produktif dan Efisien

Catatan persediaan yang akurat berarti staf inventaris memiliki lebih banyak waktu yang tersedia untuk melakukan hal lainnya. Misalnya, mereka dapat mencari vendor baru atau menemukan cara-cara untuk menata kembali persediaan guna efisiensi dan akses yang lebih optimal.

Mengelola Persediaan Lebih Mudah dengan Software Akuntansi Jurnal

Pengelolaan aset secara manual bukanlah pilihan bijak di zaman yang serba modern ini. Untuk mendukung kebutuhan pebisnis tentang catatan persediaan/inventaris, Jurnal sebagai aplikasi persediaan menyediakan langkah mudah untuk mengelolanya.

Dengan ini, sistem akan menghitung penyusutannya serta menyiapkan laporan keuangan secara otomatis dan detail. Mulai pembukuan yang tepat dan efisien dari sekarang!

Dengan menggunakan software akuntansi maka laporan persediaan barang dapat langsung Anda peroleh setelah penginputan semua transaksi selesai.

Software akuntansi memiliki sistem yang terotomatisasi sehingga saat transaksi di-input, maka sistem akan memprosesnya, dan laporan persediaan barang dapat Anda lihat  dan pantau dengan cepat dan mudah.

Adanya sistem realtime dalam software akuntansi juga memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi dan monitoring persediaan secara cepat, dimanapun dan kapanpun meskipun Anda sedang tidak berada di kantor.

Bagaimana, mudah bukan? salah satu software akuntansi terbaik yang menyediakan fitur pengelolaan persediaan adalah Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online berbasis cloud computing, sehingga data yang ada akan tersimpan dengan baik. Jurnal memiliki fitur Inventory yang dapat membantu Anda mengelola persediaan.

Selain itu Jurnal juga memiliki fitur-fitur lain yang dapat mendukung pengelolaan keuangan Anda seperti fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap, perhitungan pajak otomatis, cash link, membuat laporan keuangan dan lainnya.

Sehingga Anda dapat lebih mudah, cepat, dan aman mengelola usaha bisnis. Dan tentu saja, Anda akan mendapatkan keunggulan tersendiri di mata konsumen dan pesaing  jika melakukan usaha ini dengan menggunakan sistem yang modern dan sudah tidak manual.

Bagi Anda juga pemilik bisnis online manfaatkan juga aplikasi pembukuan online shop untuk membantu pekerjaan Anda.

Temukan informasi lengkap mengenai aplikasi persediaan dari Jurnal di https://jurnal.id.